ENGINE IPS

Sabtu, 15 Mei 2010

Materi pelajaran kelas 1 MO
hari/ Tanggal : Sabtu, 15 Mei 2010
KD: Budaya lokal Indonesia

TUGAS:
1. Cari pengertian dari istilah berikut:
a. Primordial secara : a. etimologi, b. terminologi
b. Etnosentis; a. etimologi, b. terminologi
c. stereotipe etnis

5 komentar:

Anonim mengatakan...

ARIF K,IVAN A,dan ERFIN N C
15-05-10
Budaya Lokal Indonesia

Primordialisme secara Etimologi
Primordialisme berasal dari kata Bahasa Latin primus yang artinya pertama dan ordiri yang artinya tenunan atau ikatan.
Ikatan seseorang pada kelompok yang pertama diperolehnya melalui Sosialisasi akan berperan dalam membentuk sikap primordial.Juga memiliki fungsi untuk melestarikan budaya kelompoknya.di sisi lain sikap ini dapat membuat individu atau kelompok memiliki sikap etnosentrisme, yaitu suatu sikap yang cenderung bersifat subyektif dalam memandang budaya lain.
Terdapat 2 jenis etnosentris yaitu: 1. etnosentris infleksibel yakni suatu sikap yang cenderung bersifat subyektif dalam memandang budaya atau tingkah laku orang lain, 2. Etnosentris fleksibel yakni suatu sikap yang cenderung menilai tingkah laku orang lain tidak hanya berdasarkan sudut pandang budaya sendiri tp juga sudut pandang budaya lain.
Primordialisme adalah sebuah pandangan atau paham yang memegang teguh hal-hal yang dibawa sejak kecil, baik mengenai tradisi, adat-istiadat, kepercayaan, maupun segala sesuatu yang ada di dalam lingkungan pertamanya.

Etnosentrisme adalah kecenderungan untuk melihat dunia hanya melalui sudut pandang budaya sendiri.Etnosentrisme juga merupakan sesuatu yang fungsional karena mendorong kelompok dalam perjuangan mencari kekuasaan dan kekayaan.
Etnosentrisme memiliki dua tipe yang satu sama lain saling berlawanan. Tipe pertama adalah etnosentrisme fleksibel.Tipe kedua adalah etnosentrisme infleksibel.Lawan dari etnosentrisme adalah etnorelativisme, yaitu kepercayaan bahwa semua kelompok, semua budaya dan subkultur pada hakekatnya sama.

Sikap etnosentrik dipengaruhi oleh banyak hal, diantaranya tipe kepribadian, derajat identifikasi etnik, dan ketergantungan. Semakin tinggi derajat identifikasi etnik umumnya semakin tinggi pula derajat etnosentrisme yang dimiliki, meski tidak selalu demikian.

Stereotipe adalah pendapat atau prasangka mengenai orang-orang dari kelompok tertentu, dimana pendapat tersebut hanya didasarkan bahwa orang-orang tersebut termasuk dalam kelompok tertentu tersebut.Stereotipe adalah pendapat atau prasangka mengenai orang-orang dari kelompok tertentu, dimana pendapat tersebut hanya didasarkan bahwa orang-orang tersebut termasuk dalam kelompok tertentu tersebut.Stereotipe dapat berupa prasangka positif dan negatif, dan kadang-kadang dijadikan alasan untuk melakukan tindakan diskriminatif.
psikolog menekankan pada pengalaman dengan suatu kelompok, pola komunikasi tentang kelompok tersebut, dan konflik antarkelompok. Sosiolog menekankan pada hubungan di antara kelompok dan posisi kelompok-kelompok dalam tatanan sosial.

Anonim mengatakan...

PRIMODIAL
Scara etimologi:
Primodialisme berasl dari bahasa latin primus yang artinya pertama dan ordiri yang artinya tenunan atau ikatan.
Ikatan seseorang yg di perolehnya melalui sosialisasi akan berperan membentuk sikap primodial.Hal ini terjadi krn nilai" yg telah tersosialisasi sejak kecil yg sudah menjadi nilai yg mendarah daging dan sangat lah susah utk berubah karena nilai itu sangat menguntungkan bagi dirinya.

ETNOSENTRIS
Secara etimologi:
Berasal dari kata etnik (di Indonesia:suku).Artinya memandang segala sesuatu berdasarkan rujukan suku nya sendiri.
Etnosentrisme adalah salah satu hamatan komunikasi yg perlu di waspadai.sebab,akn menapikan perbedaan budaya bahkan akan selalu mengangap budaya sendiri yg paling baik.
sentris (tengah)
STEREOTIPE ETNIS
Adalah gambaran di kepala yang merupakan rekontruksi dari keadaan lingkungan yang sebenarnya terlalu luas, terlalu majemuk dan bergerak terlalu cepat untuk di kenali dengan segera.

Anonim mengatakan...

PRIMORDIAL
Secara etimologi:Berasal dari bahasa latin(primus=pertama;ordo=tatanan)
Secara terminologi:adalah ikatan atau aturan yang pertama diperoleh dalam hidup seseorang.Primodial kemudian mengacu kepada tradisi,adat istiadat atau kebiasan yang diterima pertama kali dalam hidup seseorang.
ETNOSENTRIS
Adalah perilaku orang yang cenderung menolak menggunakan produk luar negri.Dengan berbagai alasan memilih produk dalam negri.sementara orang yang kurang etnosentris cenderung berfikir objektif dalam menggunakan/tidak menggunakan produk luar.
STEREOTIPE
Adalah pendapat atau prasangka mengenai kelompok tertentu.stereotipe dapat berupa prasangka positif dan negatif,kadang" digunakan untuk melakukan tindakan diskriminatif.

Nama Kelompok : JAYUSMAN,ARIF M,RUDI M.......
Tanggal : 14052010
Materi :BUDAYA LOKAL INDONESIA

Anonim mengatakan...

DIANSYAH,DHEDY K,DEVA H K.TGL 15-05-10


PRIMODIALISME BERASAL DARI KATA LATIN PRIMUS YG ARTINYA PERTAMA DAN ORDIRI YG ARTINYA TENUNAN ATAU IKATAN.
IKATAN SESEORANGAKAN BERPERAN DLM MEMBENTUK SIKAP PRIMORDIAL DAN FUNGSINYA MELESTARIKAN BUDAYA KELOMPOK.NAMUN DI SISI LAIN SIKAP INI DAPAT MEMBUAT INDIVIDU ATAU KEL0MPOK MEMILIKI SIKAP ETNO SENTRIS.

ETNOSENTRIS yaitu suatu sikap yang cenderung bersifat subyektif dalam memandang budaya orang lain. Mereka akan selalu memandang budaya orang lain dari kacamata budayanya. Hal ini terjadi karena nilai-nilai yang telah tersosialisasi sejak kecil sudah menjadi nilai yang mendarah daging (internalized value) dan sangatlah susah untuk berubah dan cenderung dipertahankan bila nilai itu sangat menguntungkan bagi dirinya

Stereotipe adalah pendapat atau prasangka mengenai orang-orang dari kelompok tertentu, dimana pendapat tersebut hanya didasarkan bahwa orang-orang tersebut termasuk dalam kelompok tertentu tersebut. Stereotipe dapat berupa prasangka positif dan negatif, dan kadang-kadang dijadikan alasan untuk melakukan tindakan diskriminatif. Sebagian orang menganggap segala bentuk stereotipe negatif

Anonim mengatakan...

arif n
febrianto
heru a

-primodial berasl dari b.latin primus yg artinya pertama & oediri yg artinya tenunan yg artinya atau ikatan.
-etnosentris prilaku org yg cenderung yg lbh ska menolak menggunakan produk luar negri.
-stereotipe pendapat / prasangka mngenai org2 dlm kel tertentu dimana pendpt tersbt hanya didasarkan bhw org2 tsbt termasuk kdlm kel trsbt